Menjalin Kerja Sama dengan Unindra, RTI: Ini Upaya Untuk Mendukung Tempe sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia

Belum lama ini, Rumah Tempe Indonesia (RTI) resmi menandatangani MoU dan MoA kerja sama dengan salah satu Universitas swasta ternama, yakni Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) pada hari Kamis, 7 Desember 2023 lalu. Langkah ini digadang-gadang menjadi tonggak sejarah baru dalam mendukung program pendidikan pemerintah, khususnya Kampus Merdeka, guna menciptakan lulusan yang siap bersaing di era global, sekaligus menjadi upaya yang efektif dalam mendukung tempe sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia. 

Program Kerjasama yang Melibatkan Berbagai Aktivitas Perguruan Tinggi

Kerja sama ini melibatkan serangkaian program seperti penelitian, kesempatan praktik lapangan, wirausaha merdeka, kampus merdeka, kegiatan dosen, kuliah umum, dan kegiatan lainnya yg memungkinkan diselenggarakan kedua belah pihak. Dimulai di penghujung tahun 2023, kerja sama ini tercatat akan berlangsung hingga tahun 2026 mendatang. 

Mendukung Tempe sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia 

RTI sendiri menyatakan bahwa ini bukan kali pertama mereka bekerja sama dengan Universitas, di mana sebelumnya mereka juga telah menjalin kerja sama yang sukses dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia, seperti IPB, Universitas Andalas, Unpad, ITB, hingga sekolah vokasi. 

“Kami percaya bahwa kerja sama dengan Unindra akan membuka peluang baru untuk menjembatani dunia pendidikan dan industri. Kami ingin memanfaatkan keahlian dan potensi mahasiswa Unindra untuk meningkatkan inovasi dalam industri tempe,” ujar Bela Putra Perdana selaku Owner Rumah Tempe Indonesia. 

Kerja sama ini pun sejalan dengan program pemerintah Indonesia yang ingin mendekatkan hubungan antara universitas dan industri, serta menjadi upaya yang efektif untuk memperkenalkan industri tempe kepada masyarakat luas, terutama generasi muda.

Dalam wawancara, Putra menyatakan bahwa kerja sama ini bukan hanya sebagai kesempatan untuk mengembangkan produk tempe yang lebih baik, tetapi juga sebagai bagian dari upaya mereka untuk mendukung warisan budaya tempe sebagai makanan asli Indonesia. Saat ini, brand dengan akun Instagram @rumahtempeindonesia.official ini sedang berusaha untuk memasukkan tempe sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Dengan kerja sama ini, RTI dan Unindra berharap dapat menciptakan sinergi yang positif antara dunia industri dan pendidikan, serta mencetak generasi muda yang siap berkontribusi dalam pengembangan industri pangan Indonesia. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top